How being pregnant actually change your life :)

22 Dec

I used to be a very mobile person and hard worker. I can work two shift in a row both in ER and clinic. Yet, i still have some time to hang out at cafe or going for movie with hubby. But things change yah hehehe especially when i’m pregnant now.  Kita semua gak akan pernah tahu kondisi kita waktu hamil akan seperti apa. Apakah kehamilannnya lancar atau ada kendala. Apakah anda menjadi ibu ibu hamil yang cowboy banget tahan banting dan ngebo, tipikal yang gak ada keluhan appaun, intinya kuat dan sehat. Well, sadly saya tidak. Semenjak hamil saya masih tetap kerja dengan rutinitas yang sama, tapi akhirnya saya menyadari mulai sering kelelahan dan akibatnya jatuh sakit. Setelah menyedari hal itu saya jadi jarang banget ngambil side job selain di RS. Menurut suami kerja di IGD RS saya saja udah berat apalagi kalo masih nerima tawaran jaga di klinik-klinik. Meskipun sebenarnya lumayan banget penghasilan yang didapat di klinik , tapi apa mau dikata kalo kecapekan saya jadi sakit dan bisa ngerepotin orang banyak trus uangnya buat periksa ke DSOG, dan endingnya  sama. Jadi istilahnya sekarang gak blea-belani deh, sebisa mungkin ada waktu istirahat, istirahat. Sekarang semuanya jadi berubah yah. Dulu kuat banget ngerjain ini itu, sekarang cukup satu kerjaan dan gampaang capek jadi lebih milih banyak istirahat. Udah jarang banget bahkan mungkin gak pernah dalam sebulan teakhir kongkow atau hang out di kafe sama temen. Beneran deh, nongkrong di kafe itu ternyata juga memlahkan dan saya bawaanya pengen cepet pulang aja buat istirahat 😀 Hehehe. Sekarang pun saya lebih suka untuk baca forum tentang kesehatan ibu hamil dibandingkan beli majalah cosmopolitan. Lebih adiksi nge follow akun IG tentang baby stuff di banding olshop fashion stuff. Dan masih banyak lagi deh heheeheh. Overall saya menikmati kok semua perubahan ini. Meskipun yaah, kadang nih masih sering mengeluh sepele iniitu macem kaki sering kam kalo malem, atau jalan jadi agak lambat karena perut udah gede. Hehehe. Ah iya satu hal lagi satu keputusan besar yang akan saya lakukan yaitu mengambil cuti kerja lebih awal. DSOG saya strongly recomend me to do this because i have the history of bleeding during my 3rd trisemester and i easlily got spotting when i feel tired. Jadi daripada ada kenapa kenapa dan kita preventif suapaya gak lahiran prematur saya disuruh ambil cuti lebih awal. Lebih tepatnya 2 bulan di awal. Hiks, agak sedih sih soalnya bakal kepikiran stressnya nganggur di rumah itu dan kebayang waktu sama baby setelah lahiran nanti cuman sisa sebulan. Akan tetapi kalo mikirin resikonya, i think this is for the best lah buat saya dan baby. Istirahat lebih banyak dan lebih fokus untuk menjaga kesehatan diri sebelum persalinan. Sekarang masih proses ngurus cuti di RS, doakan lancar ya. Semoga gak ada kendala, sehat terus sampai lahiran. Amin…Udahan dulu ya nulisnya nanti kita lanjutin lagi. Mungkin selama cuti nanti saya bakal lebih banyak nulis dan bisa rajin nge blog hehhehehe ….. see ya !

 

 

Pregnancy journey: 25 week

15 Nov

Woooaa tak terasa waktu berjalan begitu cepat dan tahu-tahu seakang sudah menginjak petengahan trisemester kedua. Banyak yang berubah semenjak saya hamil, salah satu diantaranya adalah maternity instinct meningkat tajam. Sekarang kesukaannya dah ibuk-ibuk banget. Dimulai dari selera bahan bacaan saya yang dahulunya demen banget beli majalah cosmopolotan kini udah bergeser jadi demen baca forum online ibuk-ibuk macem theurbanmama.com ; mother and baby; pregnancy.id dan masih banyak lagi. History laptop suamik udah kecampur-campur sama bahan bacaan saya tentang kesehatan ibuk dan bayi hihihihi. Itu hanya salah satunya, salah duanya adalah kesukaan saya koleksi baju hamil, I know…i know… semua orang sudah memperingatkan kalo baju hamil gak bakal bisa bertahan lama jadi gak usah beli banyak-banyak tapi … tapi… i’m getting bigger and swollen and i have huge bump yang bikin bawaanya tuh pake baju-baju yang super longgar and loose and gak ribet. Semenjak perut udah gede saya udah antipati banget pakai celana panjang, sesek sedikit udah males, makanya saya gak beli celana hamil hingga detik ini. Sukanya sekaang tuh pakai gamis dari bahan kaos, yang loose dan longgar dan gak ribet kalo dipake jaga IGD. Padahal udah jaitin tiga baju batik model gamis tapi sayangnya baju baru itu cuman bsai dipake sekitar dua bulanan aja, kemudian sesek dan terpaksa saya beli gamis kaos yang bisa melar lagi (yay! selalu ada alesan  buat beli baju hamil baru :p) . Daaaan brand favorite saya saat ini adalah ….dung…dung…dung…elzatta gamis!! (ciyee lebay banget wkwkwk). Gak tahu pokoknya suka aja ama bahannya gamis-gamis elzatta yang bumil friendly banget ( ini komen review asli gak endorse loh), bawaannya tuh ya kalo habis turun japel pengen lari ke galeri elzatta dan beli gamis baru dengan motif dan warna pastel yang lucu lucu banget lengkap ama hijabnya.Fiuuuh ….untungnya keinginan liar ini mudah dipadamkan oleh peringatan suamik yang bilang kalo kebutuhan setelah melahirkan akan lebih banyak.LOL

Berikutnya yang berubah dan kentara banget mungkin adalah…saya lebih empati banget sama pasien pasien hamil yang datang ke igd atau pasien bayi. Ya ampuun kalo meiksa mereka bawaannya baper banget,apalagi kalo nerima bayi mungil prematur, beat badan rendah dan gangguan asfiksi….bawannnya pengen nangis (sumpah!) .Kasihan aja, ngeliat raut wajah keluarganya yang dah bingung abis (terutama wajah bapaknya yang cemas parah), liatin dedek bayi yang super mungil usaha nafas T,T suerrr gak tega. Ya Allah semoga segera di berikan kekuatan dan kesembuhan ya dek, jadi bisa kumpul lagi sama ibu bapaknya secepatnya. Kasian banget liat dia terpisahkan dari ibunya, harus diinfus dan masuk inkubator T,T. Doktenya baper banget, soalnya lagi hamil juga. Jadi sadar banget sekarang bahwa ibu-ibu yang dapat melahirkan secara nomal dan bayinya sehat itu adalah anugerah dan nikmat yang luar biasa dari Yang Maha Kuasa. Huhuhuhuhuhu……mohon doanya ya, semoga saya dana baby diberi sehat terus sampai proses persalinan. Amien

Udah ahh  bapernya, sekarang ceita yang agak ceria sedikit. Akhirnyas aya gak penasaran lagi sama rasanya tendangan bayik. Hihih setelah memasuki usia kehamilan diatas 20 minggu akhirnya saya bisa merasakan rasanya di tendang sama dedek. Nendangnya kenceng banget dan sekarang intensitasnya makin bertambah sering. Dedeknya aktif banget kalo menjelang malam hari pas mau bobok dan pas mau subuh. Hoaa kebayang kan rasanya jaga malam di IGD dan memasuki jam jam perut di tendangin kenceng. Huaah, rasanya kaget soalnya pas maknya lagi ngerjakan pasien eh dedeknya nendang jumpalitan.Setelah jaga malam biasanya capeknya jadi double dan pulang ke rumah pasti langsung tepar. Tapi meskipun capek dan bikin kaget, ditendangin kayak gini bikin nagih dan pengennya ngerasaan mlulu, hihih bawaannya seneng 😀 Alhamdulilah, dedek seneng kali ya diajak jaga IGD, kayak lagi nemenin maknya jaga 😀 Sehat terus ya dek di dalam.:D

Anyway, udahan dulu yaaak… nanti dilanjut lagi cerita cerita tentang kehamilannya….

see ya !

xoxo

belle

Renungan hidup di pagi hari ver.2.0

7 Oct

Tumben banget pagi-pagi saya bangun dan langsung nge post blog, mana dua postingan sekaligus ( termasuk yang ini). Hahahah. Dasar saya orangnya kadang suka kepikiran kalo dicibirin orang, padahal mungkin yang nanya/ nyibirin juga udah lupa dengan pertanyaan mereka. Mereka lupa, tapi saya malah membawa pulang ke rumah apa yg di pertanyakan dan mempertanyakan balik ke diri saya..eyaaaa lak ruwet. Hash, case closed. Intinya saya semalam mengalami perenungan yang panjang ( ciyeee). Dan berakhir pada kesimpulan, apapun peran kita saat ini, meski hanya seorang dokter jaga IGD, tapi saya harus selalu memberikan yang terbaik dari diri saya. Memaksimalkan peran saya 100% agar diri saya neh dapat berbuat manfaat untuk orang lain. Bukankah memang itu tujuan hidup saya kini? Banyak kasih manfaat saya orang lain/ masyarakat. Jadi sebodo amat orang bilang apa, pekerjaan saya halal, saya sangat enjoy menjalaninya, saya punya mimpi dan saya masih bisa berguna buat orang lain. And that’s kinda the same thing huhuhuhu..
Pokoknya jadi apapun kita, be the very best version of ourself, do good to other people and good will come to you !

Semangat belle!! Semangaaat!!!
Sebarkaaaan aura positive !!!

Don’t look back, move foward !

7 Oct

People will always questioning you with same the same question over and over again about the decision you’ve made. It seems that they dont believe you take the other way around. Even for me, everytime i asked myself, i found out looking for another reasons which is so unimportant and not real. There is no need to look back and whinning about the decision we’ve made. Because life is moving foward, if we looked back and recalling and crying and making excuse about why we took that decision, we surely wasted our time ( even life). There is no turning back. Please, be confident and trust your self. Move foward, dont look back and concertrate to take another dream. At least we still have a dream, even it seem so unreal and so slow but we still have a hope to continue life day by day. And that’s better 🙂

Please, once again, dont look back, ignore people’s talk, move foward, chase your dream. Believe that god has lead you to the right way. May god bless you and your dream, bela 🙂

Amen.

So, be brave…

5 Oct

Everybody always has something to be afraid of…
Everybody always has something to be worry of… and they keep it deep down in their heart
So what are u afraid/worry for?

Embrace it,
Everybody has the same clean start…
So be brave 🙂

Pregnancy story : 18 week

24 Sep

People will never understand something, until it’s happens to them

As a first time parent i have no idea about what to do during pregnancy. I’m way more anxious and yet excited at the same time. Feeling that we’e creating another life inside our belly….it’s something that way beyond of my expectation. Even i’m a doctor and been studying about obstetric and gynecology during med school and help several laboring, i’m still blank when this miracle thing happen to me. I even scheduling my self more often than usual mother to meet the Obs/gyn doctor or talk with my midwife. So anxious. But anxious is good right? it mean we care about this little blip that start growing week by week.

As i have another new obsession on browsing and read about pregnancy info and even join in most of the birth club, i know that this week is having one of important highlight during my baby’s life: IT’S THE FIRST TIME THE BABY CAN HEAR US!! hooray…

Secretly i’m nervous about what to say to my baby in first time 😀 it’s so funny… i have several ideas about what i want to say to him, something about saying sorry for being so stressful in first three semester ( if you read my previous blog, you will know what i was concern about) or simply i introduce myself as his mom ( okay, this is awkward hahahha). But then i decided to tell him that we’re so blessed to have him here in my womb, and i will tell him to stay safe and warm inside my womb and please kick my belly really soon baby… because i’m so excited to feel the quickening itself heheheheh…..

I think that’s all how i feel during this week. Physically i’m good, mentally i’m stable and way more relax now. Tho i can’t deny sometime i still think about whether i did make the right decision or not to let go the precious offer, it bother me a little bit but i realized i need to let go. I guess i need to make “let-go-list” to stay calm and less stress *sigh*.

it’s over midnight now and i need to sleep. I will continue to write journal about my pregnancy because writing is my remedy. By writing off all of my worry it help me to stay in the right emotion, writing is like stress releaser for me. I dun even care if nobody will read this hideous blog. I will keep writing to stay healthy (mentally) 😀

See you all really soon ….ciao !

xoxo

Belle-the anxious pregnant woman alive- :p

When the storm has passed us by….

23 Sep

The decision

Tidak semua hal yang kita inginkan di dunia ini bisa terwujud. Bahkan dahulu mimpi yang kita sangka baik untuk kita ternyata bisa terhempas oleh kenyataan. Life is full of surprise. Kita gak pernah tahu arah hidup kita akan kemana. Setelah dihadapkan oleh pilihan yang cukup sulit, akhirnya saya memutuskan untuk bekerja di satu instansi pemerintah saja. Setelah melalui proses berpikir, berdiskusi dengan suami dan orang tua serta memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa akhirnya saya terpaksa melepas tawaran menjadi dosen. Mengapa ? karena saya sudah terikat kontrak dengan RS secara full time, dan saya baru bekeja selam 3 bulan. Akan susah memutuskan kontrak begitu saja, belum lagi larangan untuk memiliki kontrak full time di dua instansi dan tentu saja reputasi ke depan juga kurang baik. Beside, i’m pegnant now. It will be hard for to work full time in two place. Kalau nurutin ego dan ambisi tidak akan ada habisnya. Pasti akan ada yang di korbankan. And i dun want ot sacrifice my family. Saya gak bisa membayangkan kerja di dua tempat dan gak memiliki waktu untuk mengurus keluarga (anak terutama) nantinya, It’s really not good. Bismillah akhirnya dengan dukungan suami juga memilih bekeja di satu instansi  untuk tahun ini. Insyallah inilah yang terbaik. Allah’s plan is better than our wish, right ?

Stress is not good for pregnant woman

Setelah permasalah hidup yaitu dilema masalah karir telah usai, akhirnya saya menyadari bahwa ada satu pelajaran berharga yang bisa saya petik yaitu Avoid Stress !!. Saat hamil harusnya saya lebih fokus mengurus kesehatan si calon baby, tapi apa dikata kasihan banget malah saat trisemester pertama kemarin stres banget mikirin karir mau milih kerjaan dimana. Huhuhu. Padahal setelah saya baca buku-buku tentang kehamilan disebutkan kalo ibu hamil harusnya menghindai stress karena stres bisa mempengaruhi emosional si calon bayi. Kan kasihan :(. Belajar dari itu, di kehamilan saya yang trisemester kedua ini saya jadi ingin lebih nguruskin si baby. Beberapa hal yang saya lakukan, misalnya :

  1. Memperluas pengetahuan tentang kehamilan.Even i’m a doctor i still need lots of information about pregnancy. People will never understand something until it happens to them, right ?. Jadinya saya beli buku-buku tentang kehamilan di gramed, membaca berbagai macam artikel tetang kehamilan online dan memperlama waktu konsultasi dengan dokter kandungan saya. Pokoknya pengen lebih banyak tahu dan aware dengan kehamilan ini.
  2. Bergabung di klub ibu hamil. Gabung di komunitas ibu hamil secara online. Ada satu website yang sangat saya suka baca tiap hari yaitu http://www.ubanmama.com. Di website ini dibahas tuntas gak hanya mengenai kehamilan tapi semua tentang kehidupan emak-emak urban. Huehuehueh cukup membantu banget loooh, dari sini saya banyak mendapat info tebaru tentang kehamilan dan tips menghadapi persalinan. Setelah baca-baca artikel disini saya diskusi sama suami. Suami malah seneng banget liat saya semangat cari informasi seputar kehamilan ini. All this thing is still new to us.
  3. Bergabung di kelas ibu hamil. Nah, yang ini masih baru sih, jadi saya baru konsultasi dengan teman dokter yang RS nya menyediakan kelas ibu hamil. Ingin banget ikutan kelas prenatal yoganya.Ada juga kelas laktasi yang bakal mengajari ibu hamil untuk menghadapi proses menyusui nanti. Saya dan suami kan rencana pro ASI nanti. Hihihi gak sabar ikutan kelasnya, katanya sih seru 😀
  4. Memperhatikan nutrisi selama hamil. Di awal masa kehamilan saya kesulitan untuk makan, karena mual dan muntah. Plus agak lebih picky sama apa yang mau di makan.Nah menginjak trisemester kedua saya sudah merasa lebih enakan dan akhinya bisa lebih mengontrol makanan bergizi apa yang harus saya konsumsi untuk kesehatan janin. Tk lupa saya juga minum suplemen hamil dan susu hamil. Semua demi kebaikan si baby 😀
  5. Mendengarkan musik. It help! Mendengarkan musik bisa bikin lebih rileks dan saya bisa tidur dnegan nyaman. Saya pilih musik klasik, kayak mozzart. Beberapa literatur menyebutkan mozzat efect saat kehamilan yang dapat mempengaruhi kecerdasaan dan emosianl bayi lebih baik. Jadinya suami downloadin saya musik musik klasik kayak mozzart buat di dengerin saat santai baca buku atau pas mau bobok.
  6. Avoid stress. Yup, mungkin inilah highlight dari kejadian kemarin. I should avoid stress and try more relax. Kasihan baby nya kalo ibunya stess melulu. Setelah mengambil keputusan untuk mengambil satu pekerjaan saja, saya menjadi lebih tenang secara batin dan pikian. Saya jadi bisa lebih fokus dengan pekerjaan saya dan kesehatan si baby.

Akhirnya saya lega, bahwa “badai” itu berlalu. Dan kini saya ingin lebih banyak bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki saat ini. Kehamilan adalah anugerah paling indah yang Tuhan berikan kepada kita, melebihi apapun. Saat ini itulah yang saya rasakan. Saya dan suami sadar, kami sudah memiliki tanggung jawab lain yang lebih penting, merawat keturunan kami. Merawat secara baik mulai dari masa kandungan. Rejeki atau apapun itu sudah ada yang mengatur dari Yang Maha Kuasa. Gak usah ngoyo-ngoyo ambisi besar kemaruk dengan dua pekerjaan sampai melupakan mensyukuri nikmat Tuhan yang satu ini. Rejeki sudah ada yang atur. Percaya bahwa rencana yang Tuhan berikan saat ini adalah yang terbaik bagi saya.Alhamdulilah, it ends well. Doakan saya dan si baby terus sehat, ya 🙂

Happy eid-Adha

xoxo

belle and baby:)